Kamis, 01 April 2010

Makna Dibalik Logo-Logo Perusahaan Otomotif

Logo bukanlah sebagai identitas perusahaan semata, tapi juga mengandung makna tersendiri. Logo itu bisa berarti sejarah, pendiri, atau visi perusahaan itu. Kali ini, saya akan membahas beragam makna perusahaan otomotif yang mengandung beberapa makna. Berikut diantaranya :

1. Alfa Romeo

Salib merah adalah kenangan terhadap Giovanni Da Rio yang menjadi orang pertama yang memanjat tembok Jerusalem dan mengibarkan bendera ini di saat Perang Salib I. Tapi simbol satunya lagi justru menjadi kontroversi, karena berupa seorang manusia yang meronta-ronta karena dimangsa seekor ular (naga) bermahkota, yang konon telah menghabisi orang-orang di Milano pada awal abad ke-5 Masehi.



2. BMW (Bayerische Motoren Werke)

Logo ini adalah bagian dari bendera Bavaria dan menunjukkan bahwa BMW membuat mesin propeler pesawat tempur saat Perang Dunia II.



3. Ferrari

Siapa tidak kenal logo Si Kuda Jingkrak? Logo ini ternyata melambangkan seorang Ace perang Italia di Perang Dunia I, Count Francesco Baracca. Lambang ini ditulis di samping pesawatnya sebagai lambang keberuntungan.


4. Lamborghini

Logo ini melambangkan zodiak sang pemilik, Ferrucio Lamborghini, Taurus. Bahkan ia juga adalah penggemar dari pertunjukan matador, yang sama dengan Taurus, berlambang Taurus.



5. Lotus

Bisa melihat huruf ACBC di atas tulisan Lotus? Itu adalah inisial sang pemilik, Anthony Colin Bruce Chapman.



6. Maserati

Semua orang mungkin paham kalau trisula melambangkan setan. Tapi, ternyata lambang trisula di pabrikan Maserati adalah lambang kuno kota Bologna, tempat Maserati pertama diproduksi.



7. Mercedes - Benz

Lambang bintang berlengan tiga melambangkan kedigdayaan Mercedes - Benz di udara, laut, dan darat.



8. Audi

4 cincin yang bergabung melambangkan merger antara 4 perusahaan besar, yaitu Audi, DKW, Horch, dan Wanderer. Audi dalam bahasa Latin, Audi berarti "mendengar". Dan dalam bahasa Jerman, Horch juga berarti mendengar. Dengan alasan lebih umum, maka digunakanlah Audi.

9. Porsche

Gambar tanduk-tanduk dan garis merah hitam melambangkan tentara kerajaan Wruttemberg di Stuttgart, kota tempat pabrik Porsche berpusat.



10. SAAB

Kepala Griffen (makhluk mitologi campuran singa dan elang) berasal dari jubah Count
von Skane yang akhirnya digunakan sebagai simbol provinsi Skane di Swedia. Skane adalah provinsi tempat SAAB pertama diproduksi.



11. Renault

Logo diamond ini pada awalnya ditaruh di kap mesin dengan segiempat di tengahnya berlubang, gunanya untuk tempat keluarnya suara klakson (dulu klakson Renault berada di belakang logo ini). Akhirnya bentuk ini dijadikan sebagai logo Renault.



12. Subaru

Subaru artinya "bersatu". Gugus bintang dalam logo Subaru adalah Pleiades dalam rasi Taurus, dimana ada 6 bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Dalam mitologi Yunani, Atlas sang Dewa pengangkat beban dan 6 anak-anaknya menjelma menjadi keenam bintang ini.



13. Volvo

Volvo berarti "aku pergi" dalam bahasa Latin. Lambang jantan bukan berarti laki-laki, tapi lambang kuno dari besi, yang sangat berlimpah di Swedia, tempat Volvo diproduksi.




14. Mitsubishi

3 berlian melambangkan 3 armada kapal yang dimiliki sang pendiri perusahaan ini ketika Mitsubishi pertama diproduksi.


15. Yamaha

Yamaha menggunakan logo 3 garputala karena sebelumnya mereka adalah produsen alat musik. Garputala berfungsi untuk menyetel nada dalam alat musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar