Jumat, 02 April 2010

Mimpi Berjalan

Mimpi adalah fenomena yang hanya bisa dirasakan oleh manusia saja, namun mimpi berjalan lebih aneh lagi. Mimpi ini terjadi dengan sangat nyata. Mimpi berjalan atau dikenal dengan instilah somnambullism, bisa dialami oleh semua kategori usia, tapi lebih sering terjadi di usia muda. Berikut adalah penjelasannya.

Tanda dan Gejala

Orang yang mengalami mimpi berjalan biasanya mengalami hal-hal aneh, yaitu:
1. Bangun dari tidur dan membuka mata seperti orang bangun seperti biasa.
2. Matanya tidak mengalami "sinar"dan ekspresi layaknya orang terjaga. Ia akan berjalan mengelilingi rumah, mungkin membuka/menutup pintu, dan menghidupkan/mematikan lampu. Terkadang ia bisa melakukan aktivitas rutin seperti berpakaian atau bahkan memaska atau mengemudikan kendaraan. Ia mungkin juga bicara, meski masih canggung. Mimpi berjalan biasa terjadi saat tidur nyenyak pada awal tidur hingga 2 jam pertama ia tidur. Beberapa kasus mencatat mimpi berjalan terjadi sebentar saja, tapi ada yang terjadi hingga setengah jam. Si pemimpi tidak akan menyadari apa yang terjadi saat ia bangun pagi.

Penyebab

Diperkirakan 15 persen anak-anak sehat pernah mengalami mimpi berjalan, tetapi tidak sedikit orang dewasa sering mengalami. Faktor penyebab mimpi berjalan biasanya adalah :
  • Kelelahan
  • Stress
  • Sakit
  • Gelisah
Mimpi berjalan biasa berhubungan dengan pengobatan atau kondisi kesehatan mental, seperti :
  • Detak jantung tidak normal (arrhytmias)
  • Aliran balik asam lambung kedalam eshophagus atau saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan perut
  • Berhentinya napas saat tidur
  • Kelainan akibat trauma
  • Kepanikan
Faktor resiko

Biasanya kebiasaan ini akan menurun dari orangtua atau saudara kandung. Pada ibu hamil atau wanita dalam masa pubertas akan lebih mungkin mengalami mimpi berjalan.

Pemeriksaan

Pemeriksaan fisik dan psikologi akan dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan mimpi berjalan ini. Bila perlu bisa dilakukan tes tidur di laboratorium.

Bahaya

Mimpi berjalan tidak terlalu berbahaya, tetapi tidak bila penderita melakukan kegiatannya sehari-hari, seperti memasak atau bahkan mengemudi.

Pencegahan dan pengobatan

Tidak ada pengobatan dan pencegahan yang pasti untuk menangani mimpi berjalan ini. Bila anak-anak mengalaminya, orangtua mungkin bisa menuntun mereka kembali ke tempat tidur. Sebaiknya jangan membangunkan mereka, meski hal itu tidak berbahaya, sebab proses tidur mereka akan terganggu. Kita juga bisa mengatur kebiasaan tidur mereka. Bila ia tidur di tempat berbeda, usahakan menjauhkan benda berbahaya agar bila ia mengalami mimpi berjalan tanpa sepengetahuan kita, ia tidak akan melakukan aktivitas berbahaya. Anak-anak harus memiliki jadwal tidur teratur, dan merasa rileks sebelum ia tidur. Jangan biarkan anak mengalami tekanan berlebihan. Cara terbaik adalah memperhatikan cara tidur anak. Perhatikan jam berapa biasanya mereka mengalami mimpi berjalan. Bila sudah pasti, Anda bisa membangunkannya 15 menit sebelum mimpi berjalan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar