Minggu, 28 Maret 2010

10 Kebohongan Terbesar Dunia

1. The Big Lie : Nazi Propanganda


Nazi yang sangat membenci Yahudi memutuskan untuk membinasakan semua kaum Yahudi di dunia. Agar hal ini terwujud, maka Adolf Hitler dan Menteri Propaganda-nya, Joseph Goebbels, berkampanye agar warga Jerman memusuhi kaum Yahudi. Katolik adalah tuannya kaum Nazi yang berprinsip kepausan. Gereja Roma merasa berhak memusnahkan siapa saja yang menghalanginya. Nazi membuat kebohongan dengan menyatakan kaum Yahudi adalah penyebab kegagalan Jerman saat itu.

2. Skandal Watergate
30 Juli 1974, Presiden Richard Nixon menyerahkan kaset rekaman skandal Watergate. Skandal ini terjadi 17 Juni 1972, saat 5 orang tim pemenangan pemilu Nixon ditangkap atas tuduhan pemasangan alat penyadap di markas Partai Demokrat di kompleks Watergate, Washington. Meski begitu, Nixon yang pihak Republik menyangkal keterlibatan mereka. Senat lalu menyelidiki kasus ini dan ternyata skandal ini diketahui pihak Gedung Putih.

3. Perselingkuhan Clinton / Lewinsky
Reputasi Bill Clinton akhirnya jatuh karena perempuan. Tahun 1995, Monica Lewinsky dipekerjakan sebagai magang di Gedung Putih di masa jabatan pertama Clinton, dan memulai hubungan pribadi. Hubungan itu terus berlanjut sampai Lewinsky pindah ke Pentagon. Kasus ini terbongkar karena curhatnya dengan Linda Tripp, yang diam-diam merekan pembicaraan telepon mereka. Tripp lalu memberi kaset rekaman itu pada Kenneth Starr, yang juga sedang menyelidiki skandal Clinton lainnya.

4. Kontroversi Peristiwa Dreyfus


Ini adalah skandal politik Perancis terburuk. Kapten Alfred Dreyfus, kapten Yahudi pertama dihukum karena dituduh memberi rahasia militer Prancis pada Jerman dan dibuang ke Pulau Setan. Tahun 1897, saudaranya meneliti dan menemukan tulisan yang mirip dengan tulisan Dreyfus adalah tulisan Mayor Ferdinand Walsin Esterhazy. Hukuman Dreyfus menimbulkan antisemitisme, walau bukti itu dipalsukan, angkatan perang tidak mengakuinya. Belakangan diketahui Gereja Katolik Roma juga menyokong hukuman itu.

5. Kobohongan Manusia Piltdown

Charles Darwin adalah aktor utama penipuan ini. Teori asal-asalan mengenai evolusi, ia mengumpulkan sekelompok orang yang menyatakan bahwa manusia berevolusi dari kera. Dr. Alvan T. Marston melakukan analisa pada fosil itu dan hasilnya mencengangkan. Ternyata fosil itu adalah fosil buatan yang telah dimodifikasi dari fosil kera.

6. Sumpah Palsu Titus Oates

Peristiwa besar tahun 1678, dengan apa yang disebut "Persekongkolan Paus" untuk membunuh Raja Charles II. 6 Septembar 1678, Titus Oates, mantan pemeluk baru Katolik dan mantan Jesuit, pergi ke hakim, Sir Edmund Berry Godfrey, dan memberitahu persekongkolan itu. Godfrey ditemukan tewas tidak lama setelah itu. Hal ini membuat emosi kaum Katolik yang diduga balas dendam. Oates akhirnya dipersalahkan karena memberi sumpah palsu.

7. Pemalsuan Identitas Anna Anderson alias Anastasia

Setelah Revolusi Rusia, keluarga besar tidak diterima di Bolsheviks. Tahun 1918, ada kabar anggota keluarga selamat. 2 tahun kemudian, muncul sosok Anna Anderson yang mengaku sebagai Anastasi, putri bungsu keluarga besar. Akhirnya, tahun 1927, ia mengaku nama lengkapnya Franziska Schanzowska dan bukan Anastasia. Tahun 2009, ilmuwan menyatakan tidak ada yang selamat dari Eksekusi Bolsheviks.

8. Penipuan Bernard Madoff

Bernard adalah pengusaha dan mantan pemilik saham Nasdaq. Ia membangun firma Wall Street, Bernard L. Madoff Investment Securities LLC dan direkturnya sampai 11 Desember 2008, saat ia ditahan dan didakwa dalam penipuan sekuritas melalui skema ponzi, yang merugikan perusahaan-perusahaan rekaan sebesar $50 milyar.

9. Pemalsuan lukisan Vermeer oleh Han van Meegeren
Awal abad 20, terjadi perdebatan tentang Vermeer yang melukis serial lukisan tentang Injil. Van Meegeren mengambil kesempatan ini dan bekerja secara hati-hati pada lukisan berjudul "The Disciples at Emmaus". Dengan pekerjaan detail dan halus, ia memalsukan lukisan itu dengan menghilangkan kerusakan-kerusakan dengan teknik old-painting. Dia memancing adanya kritik dan pandangan miring dan orang mempercayainya. Lukisan itu dianggap sebagai lukisan Van Meegeren !.

10. Strategi Kuda Troya



Saat Trojan Paris melarikan diri bersama Helen, perang tidak dapat dihindari. Yunani baru menguasai Trojan setelah 10 tahun. Adalah hal jenius, Yunani membangun kuda kayu sangat besar dan berongga agar orang bisa bersembunyi di dalamnya. Yunani meyakinkan itu adalah penawaran damai sebagai hadiah untuk musuh. Kuda itu lalu dibawa dengan senang hati dan dibawa pada pertahanan musuh. Malam hari, pasukan Yunani menyelinap pada rumah-rumah, dan langsung membantai Trojan tanpa ragu-ragu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar